Langsung ke konten utama
MOHON MAAF karena domain lama sudah diambil alih oleh pihak lain dengan nama GANDENKU.COM untuk itu portal blog ini berubah menjadi AMANAHARKADI.BLOGSPOT.COM sampai dengan pembelian domain baru    

Unggulan

Arkadigital Luncurkan Selusin Kaos PKS

PROMOSI | KaosQue - Dalam rangka menjelang Pemilu 2024 saat ini Arkadigital meluncurkan Selusin Kaos PKS sebagai tahap pertama. Selusin Kaos PKS dengan 12 model desain gambar PKS yang dibuat merupakan salah satu promosi produk pembuatan KaosQue dari Arkadigital.  Untuk desain partai lain nantikan juga kehadirannya. Berikut spesifikasi produk yang kami tawarkan : Bahan CC 20 S, Printing DTF, Lengan Panjang / Lengan Pendek, Ukuran s.d XXL, Harga 85 K untuk ukuran s.d XL. Warna Kaos Hitam dan Putih.  Pemesanan silahkan klik link berikut : PESAN KAOS PKS 

Statistik Tidak Pernah Berbohong, Tapi Pembohong Gemar Memproduksi Berbagai Statistik

Foto : Prof. Khairil Di Tengah Alumni IPB
GANDENKU.COM | Saat ini kita sedang memasuki era pasca-kebenaran (BUKAN paska). Era pasca-kebenaran adalah suatu era dimana sesuatu yang kita percayai sering kali kita terima sebagai kebenaran. Jadi kebenaran telah tersusul dan dikalahkan oleh kepalsuan yang kita percaya sebagai layaknya kebenaran. Pencitraan, misalnya, merupakan suatu upaya untuk memanipulasi kepercayaan masyarakat agar kepalsuan bisa diterima sebagai kebenaran.

Sangat memperihatinkan bahwa masyarakat kita saat ini terperangkap dalam kepalsuan. Tidak hanya kepalsuan dalam arti harfiah seperti vaksin palsu, ijazah palsu, uang palsu, polisi palsu, atau janji palsu tetapi banyak juga kepalsuan dalam bentuk lain. Kepalsuan lain mencakup informasi yang tidak representatif ataupun penyalah-gunaan statistik ("abuse of statistic").

Apalagi di era medsos ini, banyak sekali informasi yang menyesatkan, tetapi karena diberitakan secara masif dan ditambah dengan kemampuan viral dari medsos maka berita itu lalu diterima sebagai kebenaran. Bisa dibayangkan apa akibatnya jika berita tersebut adalah finah. Apa yang terjadi jika berita itu adalah provokasi yang menghasut?

Kita sering menyaksikan ada satu orang menyampaikan pendapatnya yang kontra terhadap suatu pendapat yang umum ("main stream") yang berdasarkan pada fakta. Kemudian pendapat ini dibesar besarkan oleh berbagai media pada setiap kesempatan sehingga terkesan ini adalah pendapat mayoritas. Akhirnya pendapat yang bersebrangan dengan fakta inilah yg diterima sebagai kebenaran oleh masyarakat awam. Media telah berhasil mengubah kepalsuan menjadi 'kebenaran'.

Statistik pun tidak jarang 'diperkosa' dan dijadikan argumen pembenaran dengan berlidung di balik kata sakti: survei ilmiah. Padahal metode pengumpulan datanya direkayasa dan data yang terkumpul pun dimanipulasi agar hasilnya sesuai dengan pesanan. Mau si A yang diunggulkan dalam survei ataukah si B, ya monggo saja. Statistik lalu tidak berdaya karena statistik hanyalah alat belaka. Penggunanyalah yang berkuasa menghitam-putihkan statistik. Sehingga benarlah adagium ini:

"Statistics do not lie, but liars fabricate statistics".

Statistik-statistik itu tidak bisa berbohong, tetapi pembohong gemar memproduksi berbagai macam statistik..

Wallahua'lam...

Oleh : Prof. Khairil Anwar Notodiputro
Sumber : Akun Facebook 

Postingan Populer