Langsung ke konten utama
MOHON MAAF karena domain lama sudah diambil alih oleh pihak lain dengan nama GANDENKU.COM untuk itu portal blog ini berubah menjadi AMANAHARKADI.BLOGSPOT.COM sampai dengan pembelian domain baru    

Unggulan

Arkadigital Luncurkan Selusin Kaos PKS

PROMOSI | KaosQue - Dalam rangka menjelang Pemilu 2024 saat ini Arkadigital meluncurkan Selusin Kaos PKS sebagai tahap pertama. Selusin Kaos PKS dengan 12 model desain gambar PKS yang dibuat merupakan salah satu promosi produk pembuatan KaosQue dari Arkadigital.  Untuk desain partai lain nantikan juga kehadirannya. Berikut spesifikasi produk yang kami tawarkan : Bahan CC 20 S, Printing DTF, Lengan Panjang / Lengan Pendek, Ukuran s.d XXL, Harga 85 K untuk ukuran s.d XL. Warna Kaos Hitam dan Putih.  Pemesanan silahkan klik link berikut : PESAN KAOS PKS 

Pelajaran Dari LPDP : Potensi SDM Indonesia

GANDENKU.COM | LPDP - Sangat disadari kita masih memiliki ketertinggalan dalam pengembangan sumberdaya manusia. Hal ini berdampak pada pertumbuhan sekaligus pemerataan kesejahteraan masyarakat. Sampai saat ini ekonomi nasional masih bertumpu pada produksi komoditas dengan teknologi bukan advanced.

Pada tahun terakhir, CPO menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia, yang belum dapat disebut sebagai  produk hasil teknologi tinggi. Masih lebih dari seratus turunan produk yang dapat dibuat dari CPO, namun kita belum sepenuhnya mampu. Tentu banyak faktor lain, namun penguasaan teknologi menjadi determinan terpenting.

Dalam suatu riset kami mencoba memetakan negara-negara yang mengekspor porduk “high-tech” seperti komputer dan komponennya; produkkesehatandanperalatanlaboratoriumdll.Untuk nilai ekspor berbagai produk tersebut, China menempati posisi teratas melampai Jepang, USA dan Jerman.

Dalam grafik yang sama, pada posisi yang jauh di bawahterlihatbeberapanegarasedangberkembangseperti Brazil, Malaysia dll. Indonesia hampir tidak terlihat sama sekali karena berhampiran dengan sumbu absis.

Kemampuan mendapatkan nilai tambah dari pengembangan industri hilir merupakan keluaran atas keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tinggi di suatu negara. Tidak aneh bila dikatakan kita masih seperti pada zaman kolonialisme, dimana sebagian besar yang kita ekspor adalah barang mentah atau setengah jadi.

Di sisi lain banyak industri kimia dan farmasi dengan import content lebih dari 80 persen. Berapa banyak publikasi ilmiah atau jumlah paten adalah juga indkator kemajuan pendidikan tinggi, yang kita masih lebih rendah dari banyak negara lain di ASEAN. Namun seberapa ekonomi kita bertumbuh dengan proses hilirisasi yang tidak bertumpuk di Pualu Jawa saja harusnya menjadi indikator kunci keberhasilan. Ini perlu terus diupayakan.


Oleh : Prof. Muhammad Firdaus
Guru Besar IPB

Sumber : Republika

BAGIAN 1 | BAGIAN 2 | BAGIAN 3 

Komentar

Postingan Populer