GANDENKU.COM | Catatan - Media
Sosial (Medsos) merupakan fasilitas dunia maya yang bisa kita manfaatkan untuk
menyebarluaskan informasi, hiburan, tips, pengalaman, dan lain-lainnya. Banyak
sekali macam-macam media sosial yang bisa ditemukan di dunia maya pada zaman
era globalisasi sekarang ini. Seperti facebook, twitter, path, instagram, ask,
dan lain-lain, media sosial itulah yang mempunyai peran penting bagi para
praktisi public relations. Sebagai humas memang sudah diwajibkan harus selalu
menulis dan tulisan tersebut sudah seharusnya dimuat di media sosial sehingga
khalayak dapat membaca dan mengetahui peristiwa apa saja yang terjadi.
Media
internet membuat kerja praktisi PR masa kini mengalami perubahan yang sangat
luar biasa. PR masa kini bukan hanya harus handal berhubungan dengan
masyarakat, termasuk media, tetapi juga dituntut menguasai hubungan langsung
dengan konsumen. Dan karakter dalam dunia maya sudah pasti tidak sama dengan
karakter jurnalis, media atau industri media atau karakter yang standar.Seorang
praktisi PR harus lebih waspada dengan adanya fenomena tersebut. Praktisi PR
dituntut pula untuk memiliki sifat analisis yang tinggi sehingga tidak termakan
dengan isu - isu yang menyebar didunia online. Banyak kasus yang sudah terjadi
belakangan ini mengenai citra sebuah perusahaan melalui dunia online, biasanya
isu tersebut seputar kepuasan pelayanan atau barang yang diterima oleh
konsumen. Oleh sebab itu dapat dikatakan jika Media Online dapat menjadi
"Senjata Makan Tuan" bagi Praktisi PR.
Demi
menunjang aktifitasnya sebagaiPraktisi Public Relations, banyak perusahaan yang
menyediakan Media Komunikasi secara Online atau sering kita dengan sebagai
Website bagi Praktisi PR, Konsumen atau Stakeholders lainnya yang berkaitan
secara langsung maupun tidak langsung dengan perusahaan tersebut. Tujuan utama
dan awal perusahaan menyediakan Media Online atau Website tersebut adalah untuk
sarana komunikasi yang lebih efisien, selain itu dilihat dari segi dana yang
dikeluarkan lebih ringan daripada menyewa space di Surat Kabar. Namun ada hal
perlu dijadikan pertimbangan bagi perusahaan yang terlalu berkonsentrasi kepada
Media Online atau Website tanpa melihat media surat kabar, karena tidak semua
masyarakat menyukai Media Online atau Website sebab sebagian dari Masyarakat
masih bertahan dengan penyebaran informasi melalui Surat Kabar.
Media Online dapat dijadikan sebagai penyalur
Informasi yang aktual, contohnya gangguan teknis yang dialami oleh perusahaan
dapat disalurkan dengan cepat. Pengumuman bagi masyarakat luas yang bersifat
Nasional, atau beberapa kebijakan perusahaan. Selain itu dengan adanya Media
Online, Visi Misi perusahaan tersebut dapat dipaparkan dengan jelas beserta
program - program kerja yang telah disusun. Manfaat yang didapat oleh praktisi
PR jika didalam institusi yang dinaunginya memiliki media online. Media Online
adalah semakin terbukanya Interaksi secara langsung kepada para
stakeholdersnya, hal ini dapat diperoleh dengan layanan chatting atau e-mail
yang biasanya tersedia dalam sebuah Website Perusahaan.
Hubungan
media banyak dikaitkan dengan konteks pemberitaan yang tidak berbayar atau
publisitas positif. Dalam profesi humas hubungan media juga sering kali
dipahami sebagai penanganan krisis dengan memberitakan tentang hal-hal positif
tentang perusahaan saat perusahaan sedang dilanda berita negatif. Pada saat
krisis cara terbaik penanganan hubungan media oleh humas adalah dengan mengakui
dan memperbaiki kesalahan dengan menginformasikan usaha-usaha ke depan. Dalam
hal ini baik media massa maupun humas dalam posisi saling memanfaatkan dan
saling diuntungkan.
Pertanyaan
selanjutnya yang mungkin akan ada di benak anda adalah apakah tujuan dengan
adanya hubungan media hanya untuk untuk mencari publikasi atau penyiaran yang
maksimum atas pesan PR dalamrangka menciptakan engetahuan dan pemahaman bagi
khalayak? itu dasarnya, tujuan dan manfaat lainnya adalah
- Memperoleh publisitas seluas mungkin.
- Memperoleh tempat dalam pemberitaan media mengenai hal
- hal yang meguntungkan organisasi.
- Memperoleh umpan balik dari masyarakat
- Memperoleh data dalam hal keperluan pembuatan
penilaian (assesment) secara tepat.
- Mewujudkan hubungan yang stabil dan berkelanjutan yang
dilandasi rasa saling percaya dan menghormati.
Manfaat dari Hubungan Media :
- Membagun pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab
organisasi dan media massa.
- Membangun kepercayaan timbal balik dengan prinsip
saling menghormati dan menghargai kejujuran serta kepercayaan.
- Penyampaian/perolehan informasi yang akurat, jujur,
dan mampu memberikan pecerahan bagi publik.
Bidang
PR saat ini sudah berkembang semakin pesat terkait dengan berkembangnya media
internet, sehingga saat ini semakin di kenal pula istilah "cyber PR".
apa itu cyber PR? begitu banyak arti dari cyber public relations itu sendiri,
yang jelas semua definisi yang berbeda itu berujung pada satu hal yaitu media
baru, media internet. dua hal dasar yang bisa di dapatkan dari internet itu
sendiri adalah informasi dan publikasi, banyak hal dasar sebenarnya, hanya saja
menurut saya yang paling dasar adalah itu. di masa masa sekarang 70% dari
penggunaan internet telah berada pada media sosial, khususnya jejaring sosial
dan blogging, baik blogging biasa maupun micro blogging. entah itu 70% angka
pasti atau bukan yang jelas data itu saya dapatkan dari yahoo. lalu pertanyaan
yang selanjutnya muncul adalah apa hubungan antara PR dan sosial media, dan
kenapa PR harus tahu dan siap dengan sosial media? jawabanya adalah karena
teman PR adalah media sudah seharusnya PR siap dengan semua media.
Penggunaan
internet sangat efektif, identifikasi masalah, manajemen dan komunikasi
interaktif. yang paling penting menurut saya adalah PR dapat menggunakan media
internet untuk menulis newsletter, yang bisa sangat mudah dan cepat, juga
langsung ke sasaran. menurut Holtz dalam buku PR praktis menyebutkan bahwa
kebanyaan aktivitas PR dalam internet masih terbatas pada penggunaan media satu
arah, yakni dari atas ke bawah. untuk penerbitan informasi masih menggunakan
formula komunikasi masa yang tradisional. namun teknologi telah mengubah pola komunikasi
PR, sekarang PR telah menggunakan pola yang aktual, karena internet tentunya.
Hasil Copas.
Komentar
Posting Komentar
Terima Kasih telah bersilaturahim di blog kami...