Langsung ke konten utama
MOHON MAAF karena domain lama sudah diambil alih oleh pihak lain dengan nama GANDENKU.COM untuk itu portal blog ini berubah menjadi AMANAHARKADI.BLOGSPOT.COM sampai dengan pembelian domain baru    

Unggulan

Arkadigital Luncurkan Selusin Kaos PKS

PROMOSI | KaosQue - Dalam rangka menjelang Pemilu 2024 saat ini Arkadigital meluncurkan Selusin Kaos PKS sebagai tahap pertama. Selusin Kaos PKS dengan 12 model desain gambar PKS yang dibuat merupakan salah satu promosi produk pembuatan KaosQue dari Arkadigital.  Untuk desain partai lain nantikan juga kehadirannya. Berikut spesifikasi produk yang kami tawarkan : Bahan CC 20 S, Printing DTF, Lengan Panjang / Lengan Pendek, Ukuran s.d XXL, Harga 85 K untuk ukuran s.d XL. Warna Kaos Hitam dan Putih.  Pemesanan silahkan klik link berikut : PESAN KAOS PKS 

BULLYING DIKALANGAN ANAK REMAJA DALAM DUNIA PENDIDIKAN


GANDENKU.COM | Sebuah Catatan - Bullying merupakan tindakan mengintimidasi dan memaksa seorang individu atau kelompok yang lebih lemah untuk melakukan sesuatu diluar kehendak mereka dengan bermaksud membahayakan fisik, mental dan emosional. Bullying sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu ‘Bully” yang artinya menggertak atau mengganggu. Bentuk yang paling sering ditemukan untuk kasus bullying di sekolah adalah bullying secara verbal.

            Perilaku bullying menurut NICHD dapat memicu gangguan jiwa baik terhadap pelaku maupun korban bullying. Menurut Ken Rugby (2007), bully merupakan perilaku penekanan atau penindasan yang berulang-ulang secara psikologis atau fisik terhadap seseorang yang memiliki kekuatan atau kekuasaan terhadap yang lemah.

            Bullying sendiri memiliki empat jenis bentuk bullying yang sering terjadi, meliputi : bullying fisik, bullying verbal, bullying psikologis dan cyber bullying. Dampak bullying sendiri bukan hanya akan dialami oleh korban bullying melainkan akan di alami juga oleh pelaku maupun pihak yang menonton yang berada di lingkungan atau menonton tindakan bullying melalui media sosial. Bagi korban bullying beberapa dampak yang di alami di antaranya adanya rasa kecemasan, depresi, melahirkan kemalasan untuk masuk sekolah, melakukan balas dendam dan lebih tragisnya melakukan bunuh diri.

            Dalam setiap kejadian bullying akan diketemukan lima posisi yang berada dalam area kejadian di antaranya : Pelaku Utama Bully, Assisten Bully, Rinfocer, Defender dan Outsider. Kelimanya berposisi berbeda-beda. Perilaku bullying ini terjadi setidaknya karena ada empat faktor yang menyebabkan terjading bullying, di antaranya : Faktor Keluarga, Faktor Kurangnya Kehadiran Sekolah, Faktor Kondisi Lingkungan Sosial dan Faktor Media.

            Ciri-ciri perilaku bullying sendiri di antaranya sering bersikap agresif terhadap guru dan orang tua, merasa menguasai teman-temannya, seringa melakukan penekanan, sering menunjukan kekuatan dan ancaman, cepat marah, impulsif, sulit di atur, kasar dan hanya menunjukan simpati yang kecil pada korban bully.

            Perilaku bullying tersebut seperti ditunjukan dalam dua kejadian yang berbeda, yaitu kejadian di tahun 2015 pada SMP di Sumatera Utara dan pada tahun 2017 di SMP di Jakarta. Kedua kejadian tersebut dilakukan di luar sekolah, pada tempat terbuka yang seharusnya bisa dengan mudah di jangkau dalam pengawasan masyarakat luas.

            Melihat dua kejadian kasus bullying yang dilakukan menunjukan bahwa masyarakat sudah merasa tidak peduli dengan perilaku anak-anak sekolah, masyarakat tidak memiliki sense terhadap perilaku yang ‘aneh’ yang di lakukan anak sekolah. Hal ini tentunya membutuhkan penyadaran khusus yang dapat dilakukan untuk masyarakat agar terciptanya kesadaran pada masyarakat.


Komentar

Postingan Populer