Langsung ke konten utama
MOHON MAAF karena domain lama sudah diambil alih oleh pihak lain dengan nama GANDENKU.COM untuk itu portal blog ini berubah menjadi AMANAHARKADI.BLOGSPOT.COM sampai dengan pembelian domain baru    

Unggulan

Arkadigital Luncurkan Selusin Kaos PKS

PROMOSI | KaosQue - Dalam rangka menjelang Pemilu 2024 saat ini Arkadigital meluncurkan Selusin Kaos PKS sebagai tahap pertama. Selusin Kaos PKS dengan 12 model desain gambar PKS yang dibuat merupakan salah satu promosi produk pembuatan KaosQue dari Arkadigital.  Untuk desain partai lain nantikan juga kehadirannya. Berikut spesifikasi produk yang kami tawarkan : Bahan CC 20 S, Printing DTF, Lengan Panjang / Lengan Pendek, Ukuran s.d XXL, Harga 85 K untuk ukuran s.d XL. Warna Kaos Hitam dan Putih.  Pemesanan silahkan klik link berikut : PESAN KAOS PKS 

Jangan Lepaskan Subuh Berjamaahmu Sampai Waktu Syuruq

GANDENKU.COM | Day To Day Ramadhan - Ramadhan adalah kesempatan bagi kita untuk meraup pahala sebanyak-banyaknya karena di bulan inilah Allah SWT berikan kelebihan-kelebihan bagi ummat Islam yang menjalankan amal ibadah di bulan Ramadhan. Bukan sekedar lipatan ganda bagi setiap pahala yang akan kita raih melainkan dorongan semangat yang lahir dari diri kita untuk melakukannya.

Dorongan semangat yang lahir dari diri kita tersebut tidak lain karena suasana Ramadhan memang sangatlah mendukung, lingkungan yang memiliki spirit yang sama untuk melakukan amal sholeh secara sadar ataupun tidak telah menjadikan diri kita ikut dalam arus keshalihan dan kebaikan tersebut. Lihat saja musholla dan masjid dalam suasana Ramadhan akan senantias ramai, baik untuk melaksanakan shalat tarawih maupun tadarus qur'an.

Begitu juga dengan Shalat Subuh Berjamaah yang biasanya dalam satu musholla hanya ada satu baris shaf bagian depan saja, di saat Ramadhan bukan hanya bertambah jumlah shaf melainkan bisa sampai ke luar musholla dengan melubernya jamaah sholat subuh. Akan tetapi ada satu hal yang sangat disayangkan dalam memanfaatkan momentum Ramadhan ini terutama pasca melaksanakan shalat subuh,

Banyak jamaah yang belum memahami bahwa ada pahala yang sangat besar pasca sholat subuh, salah satunya dengan ber itiqaf sejenak sampai waktu syuruq tiba. Kebaikan di waktu syuruq ini masih belum banyak difahami oleh kebanyakan jamaah subuh berjamaah sehingga banyak jamaah yang lebih memilih pulang dengan segera meninggalkan musholla.

Berikut adalah hadist keutamaan shalat Sunnah Syuruq bagi ummat Islam :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ (رواه الترمذي هذا حديث حسن غريب)

Dari Anas bin Malik ra berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa yang shalat pagi hari (subuh) secara berjamaah, kemudian ia duduk berdzikir kepada Allah SWT hingga terbitnya matahari, kemudian ia shalat dua rakaat, maka baginya pahala seperti pahala mengerjakan haji dan umrah. Rasulullah SAW bersabda, ‘Sempurna, sempurna, sempurna.’ (HR. Turmudzi, beliau berkata bahwa hadits ini hasan gharib)

Betapa mahalnya pahala bagi yang melakukan shalat sunnah syuruq dua rakaat sehingga pahalanya di sejajarkan dengan pahala sebagaimana mengerjakan haji dan umrah. Sampai Rasulullah SAW sendiri mengatakan dengan kalimat Sempurna sebanyak tiga kali.

Hadist lain berkaitan dengan Shalat Sunnah Syuruq sebagai berikut :

عن سعد بن طريف ، عن عمير بن مأمون بن زرارة ، عن حسن بن علي ، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من صلى الفجر ثم قعد في مجلسه يذكر الله حتى تطلع الشمس ، ثم قام فصلى ركعتين حرمه الله على النار أن تلفحه أو تطعمه (رواه البيهقي)

Dari Sa’d bin Tharif, dari Umair bin Ma’mun bin Zararah, dari Hasan bin Ali ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa yang shalat subuh kemudian ia duduk di majelisnya berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia shalat dua rakaat, maka Allah akan haramkan dirinya dijilat atau dimakan api neraka.’ (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman Fashl Al-Masyi Ilal Masjid, Bab Man Shalla Al-Fajr summa Qa’ada fi Majlisihi Yadzkurullah Hatta Tatlu’as Syams, hadits no 2826.

Begitu penting dan mahalnya shalat sunnah syuruq ini, seyognyanya kita harus menjadikan salah satu prioritas dalam melaksanakan pasca subuh berjamaah. Memang cukup berat melaksanakan sholat sunnah ini mengingat untuk bangun subuh dan melaksanakan sholat subuh berjamaah saja masih berat. Untuk itu di saat bulan Ramadhan ini kita dapat memulainya, setidaknya usai makan sahur terus di jaga tidak langsung tidur. Dengan membiasakan menjaga waktu subuh berjamaah dan selanjutnya kita tingga menjaganya sampai waktu syuruq. Mari kita jaga dan jangan lepaskan subuh berjamaah sampai waktu syuruq. Wallahualam.[TGA]

Postingan Populer